Penyebab Bibir Hitam

Apa penyebab bibir hitam?

Seseorang memiliki bibir hitam karena dua faktor, pertama biasanya mereka memiliki bibir hitam atau gelap sejak bawaan lahir dan faktor kedua karena beberapa alasan seperti merokok, terkena paparan sinar matahari, kebiasaan mejilati bibir, kekeringan, menggunakan pemakaian lipstik yang berlebihan dan lain sebagainya. Dengan perawatan yang tepat anda bisa terbebas dari bibir gelap anda

Untuk meringankan bibir gelap Anda, sangat penting untuk tahu dulu apa yang menyebabkan bibir anda menjadi gelap. Jika Anda dapat mengidentifikasi penyebab dari bibir anda menjadi gelap, Anda dengan mudah dapat mengobati bibir Anda.

Setiap wanita menginginkan bibir merah muda, kemerahan dan indah karena dengan memiliki bibir cantik dapat  meningkatkan keseluruhan keindahan wajah. Ketika wajah Anda terlihat cantik dan cerdas, Anda merasa juga lebih baik untuk membuka diri untuk teman-teman Anda. Tapi, sayangnya, banyak orang memiliki bibir gelap dalam karena berbagai faktor. pada artikel ini, saya akan membahas apa yang menyebabkan menjadi gelap bibir gelap.

17 Faktor Penyebab Bibir Hitam

Apakah Anda penyebab bibir anda hitam? Jika tidak, siapkan diri untuk tahu apa yang menyebabkan bibir gelap. Ada banyak alasan untuk bibir gelap. Di sini, digambarkan 17 alasan paling umum mengapa bibir Anda menjadi gelap. Semoga, setelah mengetahui hal ini, Anda akan dapat mengurangi kegelapan bibir Anda.

1. Kekeringan

Bibir terlihat lebih baik dan indah ketika pelembab alami untuk bibir dalam jumlah yang tepat. Kulit bibir selalu terbuka, ia kehilangan pelembab dengan mudah ketika cuaca sedikit panas. Terutama bagi para perokok . Bibir juga akan menjadi kering dalam cuaca dingin dan berangin. Kadang, kekeringan dapat menyebabkan retak atau bibir anda pepah-pecah. Semua kerusakan ini akhirnya menjadikan bibir Anda gelap. 

2. Gaya hidup dan kebiasaan

Gaya hidup Anda mungkin juga meninggalkan warna gelap pada bibir Anda. Rokok, alkohol  dan penggunaan obat bius dapat membawa perubahan warna pada bibir. Kegelapan pada bibir dalam lapisan mulut disebut melanosis. Alkohol yang mengandung zat-zat asam dapat menyebabkan bintik-bintik hitam di bibir Anda. Kurangnya minum air dapat menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi berpengaruh sensitif pada kulit, seperti bibir, wajah dan sebagainya. Dehidrasi akhirnya meninggalkan sentuhan gelap pada bibir.


3. Kosmetik Bibir

Perempuan memakai kosmetik atau makeup pada bibir sehingga bibir mereka tampak mengesankan dan menarik. Kadang-kadang, produk kosmetik bibir ini dapat menyebabkan kegelapan di bibir Anda. Produk kosmetik bibir yang mempunyai kualitas rendah dan murah diformulasikan dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kulit sensitif seperti bibir. 

Penggunaan lipstik yang lama juga meninggalkan warna gelap secara bertahap pada bibir. Dan penggunaan produk kedaluwarsa dapat membahayakan bibir indah Anda. Jika Anda tidak membersihkan makeup Anda dari Bibir di malam hari sebelum tidur, kebiasaan ini juga sering menyebabkan bibir hitam.


4. Melasma/hiperpigmentasi

Melasma berarti hiperpigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh pengendapan berlebihan melanin. Umumnya, melanin terjadi oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi pada kulit yang terbuka di ubuh Anda, seperti wajah, bibir, tangan, leher dan sebagainya. Wajah adalah bagian yang paling terbuka, terkena kebanyakan melanin. Biasanya, melasma menyebabkan gelap pada bibir bagian atas. Kegelapan disebabkan oleh bentuk-bentuk hiper-pigmentasi. Gunakan tabir surya produk pada bibir Anda untuk mencegah sengatan matahari.


5. Paparan sinar matahari

Anda juga bisa mendapatkan perubahan warna pada bibir Anda dari paparan sinar matahari yang kronis. Paparan sinar matahari yang gigih membakar kulit di bibir dan kulit Anda. Tapi, kegelapan bibir lebih terfokus. Sinar UV juga memicu pengendapan melanin pada berbagai bagian tubuh. Tapi, wajah dan bibir yang paling dirugikan. Jadi, untuk dapat meringankan bibir Anda sejauh mungkin dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

6. Anemia

Anemia juga menyebabkan perubahan warna bibir. Anemia terjadi pada dasarnya pada wanita selama kehamilan mereka. Anemia berarti kekurangan besi dalam tubuh. Namun, anemia juga bertanggung jawab untuk menyebabkan kegelapan di bibir Anda. Anemia terjadi ketika senyawa pengangkut oksigen (hemoglobin) kurang dari jumlah yang normal. Dan, hemoglobin bertanggung jawab untuk warna merah darah. Jadi, kekurangan hemoglobin menyebabkan perubahan warna kulit bibir. Untuk semua alasan ini, bibir Anda mungkin terlihat hitam.

7. Kebiasaan makan yang buruk

Gangguan makan berarti kekurangan gizi pada makanan. Gangguan makan menyebabkan berbagai masalah, seperti bulimia dan anoreksia nervosa. Untuk contoh bulimia berarti muntah berulang-ulang dan tindakan korosif asam lambung. Masalah ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada bibir. Jadi, hal ini tidak normal untuk mendapatkan perubahan warna pada bibir Anda. Selain itu, banyak tidaknya makan cukup sayuran, buah-buahan, dan air. 3 hal ini membantu banyak untuk mempertahankan kulit bersih dan cerah.

8. Lentigo

Lentigo mempengaruhi kulit, termasuk bibir dan wajah. Lentigo berkaitan dengan  flek-flek hitam. Lentigo mungkin terjadi biasanya oleh paparan sinar matahari kronis dan penyakit sistemik, seperti Peutz-Jeghers sindrom.

9. Obat-Obatan

Berbagai jenis obat yang menyebabkan hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit, termasuk bibir, leher, dan dagu dan sebagainya. Tapi, bibir yang paling dipengaruhi oleh obat-obat ini. Obat-obatan seperti :


  • Certain photosensiting drugs, obat-obatan tersebut sebagai - isotretinoin acitretin untuk mengobati gangguan kulit lainnya
  • Tricyclic antidepressants seperti sebagai imipramine, desipramine
  • Tetracyclines (minocycline) adalah antibiotik daya tinggi. Dan antibiotik jenis lain juga dapat mempengaruhi warna bibir
  • Antipsychotic untuk mengobati kondisi kejiwaan tertentu
  • Chemoterapy drugs untuk mengobati kanker
  • Some drugs (phenothiazines) untuk mengobati muntah dan mual
  • Antimalarial drugs untuk mencegah untuk mengobati malaria
  • Hydroquinone ( pencerah kulit agen)

10. Peutz-Jeghers sindrom

Peutz-Jeghers sindrom adalah suatu kondisi genetik. Hiperpigmentasi kulit, membran mukosa dan adanya polip pencernaan terjadi. Kondisi ini meningkatkan risiko kanker usus sangat tinggi. Karena sindrom ini, Anda mungkin mengalami bercak-bercak kulit hitam melalui lapisan gelap dalam mulut mukosa.

11. Racun dan keracunan

Bibir Anda mungkin menghadapi perubahan warna atau kegelapan yang berbeda dari racun dan keracunan logam. Racun ini adalah Merkurius, bismut perak, tembaga dan sebagainya. Selain itu, beberapa zat kaustik, seperti basa kuat, asam, dan unsur-unsur beracun lainnya dapat menyebabkan luka bakar kimia di bibir Anda. Dengan demikian, Anda mungkin mengalami perubahan warna atau gelap pada bibir.


12. Rokok

Ada pepatah, "Rokok berbahaya bagi kesehatan. Dan dapat menyebabkan kematian." Rokok juga menciptakan beberapa masalah pada kulit termasuk, wajah. Bibir yang paling terpengaruh oleh Merokok. Kulit bibir menjadi sangat gelap oleh Merokok. Hal ini juga menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan pada atau sekitar bibir. Gigi juga menjadi gelap atau coklat karena Rokok. Satu-satunya cara untuk mendapatkan bibir alami untuk menghentikan Merokok. 

13. dehidrasi

Anda dapat mengatasi dehidrasi dengan dua cara - satu tidak cukup minum air dan yang kedua adalah menjilati bibir. Gejala yang umum dehidrasi adalah kulit 
wajah menjadi kering, permukaan dagu, permukaan tangan serta leher. Kekeringan pada akhirnya menyebabkan warna gelap pada bibir. Seseorang harus minum 8-10 gelas air sehari untuk menjaga kulit dari dehidrasi dan  tetap lembab. Minum dalam jumlah yang cukup air juga membantu untuk menjaga kulit bibir Anda sehat.

14. Alergen

Alergen dilengkapi dengan berbagai jenis kosmetik bibir. Mungkin datang dari lipstik atau lip glosses atau lip balm. Pada dasarnya, wewangian dan pewarna ditambahi dengan kosmetik yang bertanggung jawab menyebabkan alergi. Dan, alergi menyebabkan garis-garis gelap atau bintik-bintik di bibir Anda. Jika Anda memahami kosmetik tertentu yang menyebabkan Alergi, Anda harus menghentikan pemakaian kosmetik tersebut


15. Kafein dan minuman panas

Banyak orang tidak dapat mengendalikan keinginan dan aroma dari kopi segar panas atau juga minum teh. Bahkan, orang-orang yang memiliki kebiasaan banyak minum kopi atau teh, mereka minum bersama saat matahari bersinar terik. Memang benar bahwa kopi atau teh panas memberikan kesegaran dan menghilangkan dahaga. Namun, minum dalam jumlah yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. minum  kopi yang berlebihan atau teh panas dapat menyebabkan keras pada tubuh Anda. Bahkan, minum lebih dari 5 cangkir teh panas atau kopi berbahaya bagi kulit wajah seperti bibir. Bibir anda mungkin menjadi gelap oleh panas kafein. Panas kafein juga  menimbulkan noda pada gigi Anda.

16. Tidak merawat bibir

Kulit bibir adalah salah satu kulit yang paling sensitif dari tubuh.  Jadi, Anda harus merawat bibir Anda dengan baik dan teratur. Di musim dingin, bibir adalah sebagian besar korban. Kita melihat banyak laki-laki dan perempuan tidak merawat bibir mereka selama periode ini. Bibir mereka  menjadi kering kemudian menjadi pecah-pecah. Akhirnya, kekeringan tersebut meninggalkan chapping gelap baris atau patch di bibir Anda. 

17. Dermatitis

Dermatitis adalah dua jenis seperti dermatitis sebagai kontak dan dermatitis atopik. Dermatitis atopik tidak berbahaya ke bibir. Biasanya, dermatitis kontak berbahaya bagi bibir perempuan. Dermatitis kontak dilengkapi dengan sentuhan lipstik, lip gloss, lip liner dan lip balm. Umumnya, kosmetik murah dibuat dengan pewarna mengandung dermatitis. Jadi, dokter tersebut menyarankan untuk tidak menggunakan kosmetik murahan untuk bibir anda. Sebagian besar produk kosmetik terkemuka menghindari  pewarna yang berbahaya.

Alasan lain Penyebab Bibir Hitam

  • Cedera dan reaksi alergi
  • Perlengkapan perawatan gigi juga dapat menjadi faktor penyebab bibir hitam. Namun ini sangat jarang
  • Anda alergi dengan pasta gigi tertentu. Alergi menciptakan h=gelap pada bibir 
  • Hormon mengubah tingkat infeksi, usia, penyakit juga bertanggung jawab untuk bibir hitam
  • Kekurangan vitamin B juga kadang membuat perubahan warna pada bibir. Makan-makanan yang kaya vitamin dan minum multi-vitamin
Jika  bibir anda gelap, anda dengan mudah mengubahnya menjadi terang dan kemerahan. Ada banyak obat-obatan alami yang sangat efektif untuk meringankan bibir hitam. Anda juga dapat menggunakan lip balm atau lip glosses atau lip cream untuk merawat bibir gelap anda. Jangan gunakan lipstik yang murahan dengan kualitas rendah yang dapat berbahaya bagi kesehatan bibir anda.


Penyebab dan solusi untuk bibir gelap

Ada seorang yang menggunakan lipstik untuk waktu yang cukup lama seperti, lip gloss, lip balm bahkan petroleum jelly. Karna pemakaian tersebut bibir dia lama kelamaan menjadi hitam lalu dia menanyakan dalam sebuah grub di facebook lalu seorang pakar pun menjawab pertanyaan tersebut. 

Bisa jadi faktor utama dari penyebab bibir hitam itu bukan hanya karna pemakaian produk kosmetik dari bibir yang anda pakai, bisa jadi karna pengaruh kafein yang anda minum, karena terkena paparan sinar matahari langsung, ataupun karna dehidrasi dpat menjadi faktor pemicu yang menyebabkan bibir menjadi hitam. Namun tak dapat dipungkiri bahwa produk dari kosmetik bibir juga pemicu bibir menjadi hitam karena produk yang murahan dan tidak berkualitas atau juga karna produk tersebut sudah kadaluarsa. Sellau perhatikan tanggal kadaluarsa pada setiap produk kosmetik yang anda gunakan.



Kecuali Anda alergi terhadap produk bibir Anda, itu sangat tidak mungkin bahwa lipstik favorit Anda, lip gloss atau warna bibir menyebabkan perubahan dalam warna bibir Anda. Anda lihat, riasan berjalan melalui proses yang ketat formulasi dan manufaktur, sehingga mereka tidak menyebabkan masalah atau masalah kesehatan lainnya. Tapi untuk berada di sisi yang aman, mungkin lebih baik untuk beralih ke produk dibuat dengan bahan-bahan alami dalam nuansa yang sangat tipis atau transparan bibir. Atau berhenti menggunakan produk bibir sama sekali (setidaknya selama beberapa minggu) dan melihat apakah ada perbaikan.

Untuk memerahkan bibir secara alami mungkin butuh waktu dan kebiasaan rutin yang harus anda lakukan setiap hari. Berikut adalah daftar langkah-langkah pencegahan untuk meringankan bibir Anda dan mengembalikan warna  alami mereka.

Berhenti Merokok. Selain dari daftar panjang masalah kesehatan yang terkait dengan Rokok, mendapatkan terasa gelap bibir, gigi dan gusi harus diantara banyak alasan untuk berhenti itu (Asosiasi dengan penyakit jantung dan kanker harus cukup alasan). Ini juga telah dikenal merusak efek pada kulit, seperti kulit ashy, kulit kering dan keriput terbentuk di sekitar mata dan mulut. Jadi jika Anda sudah berpikir berhenti, ada tidak ada waktu yang lebih baik dari hari ini.

Batasi asupan teh dan kopi. bagaimana kafein dapat meninggalkan noda pada gigi juga dapat membuat bibir lebih gelap, tentu saja, tergantung pada berapa banyak Anda mengkonsumsi. Dosis besar dari kafein yang dikonsumsi setiap hari, seiring  waktu dapat memberikan pigmen gelap pada bibir anda. Kurangi efek ini dengan mengurangi jumlah konsumsi kofi dan teh harian anda

Menggunakan lip balm dengan SPF. Menghabiskan begitu banyak waktu, melindungi kulit kita dari sinar berbahaya UV Matahari kita benar-benar lupa untuk menerapkan SPF pada bibir kita. Terutama dengan paparan sinar matahari yang konstan. Menggunakan lip balm dengan SPF minimal 15 akan melakukan trik, dan akan menjaga bibir Anda halus dan bebas chap.

Minum lebih banyak air. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan tubuh kita untuk menjadi dehidrasi, dan ini memanifestasikan dalam kasar, pecah-pecah, dan untuk beberapa derajat, bibir gelap. Kita jelas membutuhkan air untuk bertahan hidup, tapi anehnya, kita tidak minum cukup. Direkomendasikan dua sampai tiga liter air harus diambil sepanjang hari untuk membuat kita tetap terhidrasi dan sehat, dan  bibir kita tetap lembab

Pengelupasan kulit bibir Anda. Lembut menghapus kulit mati di bibir kita adalah suatu keharusan jika Anda ingin untuk kembali ke warna aslinya. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan menggunakan sikat gigi basah bayi dan oleskan petroleum jelly di bibir anda atau membuat bibir yummy menggosok dengan mencampur gula dan madu dan menerapkan pada bibir Anda. Madu adalah sebuah antioksidan alami yang membantu melindungi bibir dari kerusakan dan gula akan menghilangkan kulit kasar bibir

Video dibawah ini akan menjelaskan apa yang menjadi penyebab bibir hitam, Jika anda ingin tahu lebih detail apa penyebab bibir hitam silahkan lihat video dibawah ini. Video penyebab bibir hitam ini akan membantu anda memahami tentang bahasan yang ada di artikel ini